Meta-Analisis Pengaruh Model-Model Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa
Abstrak
Permasalahan yang terjadi saat ini memberikan efek yang besar bagi seluruh dunia. Semua kegiatan yang biasanya dapat dilakukan dengan lancar sekarang menjadi terhambat karena pandemi Covid-19 salah satunya dibidang pendidikan termasuk yang menjadi dampak dari pandemi ini. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru selama covid-19 terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian ini adalah meta-analisis teknik merangkum beberapa hasil penelitian, menganalisa, merivew, data dari beberapa penelitian sebelumnya berasal dari junal nasional terbitan (2016-2021), dan jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Tujuan dari penelitian meta-analisis ini adalah untuk mengetahui pengaruh model-model pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa . Dari penelitian ini terlihat adanya perbedaan dari strategi pembelajaran yang dilakukan dari masing-masing jurnal. Oleh sebab itu perlunya strategi pembelajaan yang baik dan terarah untuk proses pembelajaran selama covid-19 ini. Dalam hasil penelitian terhadap pengaruh model pembelajaran pada saat daring terhadap hasil belajar siswa didapatkan nilai effect size 0,614 dengan kategori sedang.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Dimyati dan Mudjiono (2015). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Downs, S.S (1987) Developing Learning Skill, In Learning Mana-Gement Emerging Directions For Learning To Learn In The Workplace, Edited By M.E.Cheren. Columbus, Ohio State University.
Hidayati, N. B., Syam, M., & Komariyah, L. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Fisika Dalam Pembelajaran Daring Menggunakan Platform E-learning Madrasah dan Zoom Cloud Meeting Di MAN 1 Samarinda Tahun Ajaran 2020 / 2021. 2(2), 133–142.
Joni, T Raka (1980): Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. P3g
Kartini, S., Widowati, H., & Asih, T. (2020). Pembelajaran Daring Berbasis Metode Team Assisted Individualization (Tai) Untuk Optimalisasi Nilai Kognitif Peserta Didik. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 11(2), 126. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v11i2.3280.
Khoiri, Ahmad. (2019). Meta-analysis Study: effect of STEM (Science Technology Engineering and Mathematic) Towards Achievement. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. Vol 9, No 1. Maret 2019.
Kurtarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 1(2), 207–220. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/jeill/article/view/1820
Magfirah, N., Thahir, R., & Wadji, M. (2021). BIO-EDU : Jurnal Pendidikan Biologi Penerapan Model Contekstual Teaching and Learning Berbasis Daring. 6(2), 122–132.
Mahmuda, S., Annisa, C., & Putrie, R. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan Di SMK Manba’ul Ulum Bekasi. 7(2), 393–402.
N.K. Mardani, N.B. Atmadja, & I.N.Suastika. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ips. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 5(1), 55–65. https://doi.org/10.23887/pips.v5i1.272.
Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas Iv. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265–276. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.74
Oemar Hamalik. (2012). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Parwasih, N. W. S., & Warouw, Z. W. M. (2020). SCIENING: Science Learning Journal. 1(1), 6–10.
Putri, R. H., & Wardani, N. S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Problem Based Learning dalam Pembelajaran Daring Siswa Kelas IV SD. Mimbar Ilmu, 26(1), 138. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.33195.
Santosa, T. A., Razak, A., Anhar, A., & Sumarmin, R. (2021). Efektivitas Model Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Zoologi di Era Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 7, 77–83.
Seel, Barbara B, & Richey, Rita (1994): Teknologi Pembelajaran, Defenisi Dan Kawasannya. Jakarta, Unit Percetakan UNJ
Sobron, A. ., Bayu, Rani, & Meidawati, S. (2019). Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar Abstrak. Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship, 1(1), 1–5.
Suartini, T., & Iwan, A. (2021). Pengaruh Google Classroom Berpadu Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 9–20. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/metaedukasi/article/view/325.
Suseno, N., Riswanto, R., Aththibby, A. R., Alarifin, D. H., & Salim, M. B. (2021). Model Pembelajaran Perpaduan Sistem Daring dan Praktikum untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Psikomotor. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 42. https://doi.org/10.24127/jpf.v9i1.3169
Retnawati, H. Dkk. (2018). Pengantar Analisis Meta. Yogyakarta: Parama Publishing.
Wajong, A. D. ., Ridwan, R., & Sangi, N. (2020). Efektivitas Penggunaan Pembelajaran Daring Edmodo Berbantuan Quizstar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Attractive : Innovative Education Journal, 2(3), 49. https://doi.org/10.51278/aj.v2i3.75